-->

Pesantren Al Kautsar Al Akbar: Kiprah Dan Pengabdian

- Mei 14, 2010
Melihat dari kegiatan beberapa pesantren yang mengadakan haul atau temu alumni di berbagai wilayah di Indonesia, ada kebiasaan yang selalu dilakukan yaitu menerbitkan buku tentang pesantren tersebut.

Kami yakin teman-teman juga telah memikirkan hal ini. Sehingga kami berpikir untuk ikutan nimbrung dengan merencanakan (Belum tentu selesai tahun ini) untuk membuat buku dengan sebuah judul : “Pesantren Al Kautsar Al Akbar: Kiprah Dan Pengabdian”.

Bagi teman-teman yang belum terlibat dalam penulisan sebuah buku mengenai topik ini, kami persilahkan untuk ikut berpartisipasi di sini, terbuka bagi semuanya bahkan bagi yang tidak pernah sekolah di Al Kautsar tapi mempunyai info tentang institusi tersebut.

Sumbangsih teman-teman baik itu opini, pengalaman dan analisa akan sangat bermanfaat untuk meramaiakn isi buku. Oh yah.. bagi pujangga-pujangga puisi dan syair dari kalangan Alumni kami persilahkan juga untuk ikut.

Akan lebih baik lagi apabila kita semua dari berbagai angakatan ikut serta menulis sampai angkatan terakhir 2009, sehingga aroma analisa yang dipengaruhi dengan perubahan zaman akan dapat tergambarkan seiring dengan bertambahnya umur pesantren.

Berbagai topic yang bisa dibahas adalah:

1. Sejarah Kepesantrenan di Sumatera
2. Sejarah Alim Ulama Sumatera Sejak zaman baholak sampai sekarang
3. Sumbangan pesantren dalam dunia pendidikan di Sumatera
4. Mengenal para Kiyai dan Tuan Guru di Sumatera pada zaman Kontemporer
5. Puisi2 dan syair
6. Peta dan perkembangan terakhir alumni
7. Dan lain sebagainya… dengan topic yang terbuka sehingga keragamana opini menjadi daya tarik buku ini.

Bahan tulisan (Ada baiknya minimal 1 halaman) bisa dipostkan langsung di:

1. Di Forum ini
2. Di Forum-forum IKMAL daerah masing-masing (dengan catatan bahwa tulisan itu akan menjadi milik grup tersebut jikalau Ikmal daerah tersebut juga berkeinginan menerbitkan buku)
3. Kalau seandainya anda agak malu-malu (hehehe) atau sungkan menuliskannya di forum yang public ini bisa ke inboks my FB kalau membutuhkan pengeditan sesuai dengan EYD. Mohon disebutkan untuk langsung dimasukkan ke buku atau dipostingkan dulu ke sebuah grup.
4. Atau grup ini: (Sudah ada satu tulisan) http://www.facebook.com/topic.php?topic=14852&post=74131&uid=179695773303#post74131


Tnx u

Jul Kiev (Alumni ke-3)

NB.
1. Seandainya buku ini dapat diterbitkan dengan segera.. sebelum juni. Ada baiknya kami akan koordinasikan kepada bung Myco untuk “Grand Launch”nya. Kalau nggak yah kapan2… kita bekerja dengan santai
2. Penulis buku ini adalah semua yang menyumbangkan tulisan
3. Seandainya ada teman alumni yang mempunyai penerbitan atau bekerja dipenerbitan dan mempunyai keinginan yang baik untuk menerbitkannya.. kami persilahkan.
4. Seandainya ada teman alumni yang bersedia menjadi dermawan membiayai penerbitan buku ini.. juga kami persilahkan..
5. Seandainya ada teman yang ingin menjadi sponsor (Dengan memasang Ad misalnya).. juga kami persilahkan dengan mengkoordinasikannya ke Ikmal masing-masing atau penerbitnya (belum ditentukan)
6. Tulisan dari Kakanda Alumni pertama dan kedua..(masuk tahun 1987 dan 1988) akan kami prioritaskan megingat akan sangat penting dalam mengulas sejarah berdirinya atau menjelaskan proses awal pendirian pesantren, suka duka dan lain sebagainya.
7. Tulisan dari Adinda para santri [Yang sangat progresif] dan para santriwati [yang tercinta hehehe] Alumni keempat dan seterusnya (Yang Stambuk 1990-2009) akan lebih diprioritaskan lagi untuk menerangkan dinamika dan perkembangan terakhir.
8. Usul dan saran kami persilahkan.
9. Seandainya teman alumni ada berinisiatif untuk menerbnitkan buku juga tentang tema ini dan bingung dengan judul… maka judul-judul di bawah ini mungkin bisa membantu:
- Sosiologi santri-santriwati di Pesantren Al Kautsar Al Akbar
- Pengajaran ilmu agama di Pesantren Al Kautsar Al Akbar
- Sejarah dan Biografi para Tuan Guru di Pesantren Al Kautsar Al Akbar
- Buya Ali Akbar: Pemikiran dan Ajarannya
- Bisa juga dalam bentuk novel…
- Dll yang bisa ditambah oleh teman2 lainnya.
10. Mohon doanya agar usaha kita ini mendapat ridho dari Allah SWT

Cc:
1. Bung Myco
2. Grup2 Facebook dan IKMAL
3. Blog
Advertisement